Escape from Alcatraz

Sinopsis Film Escape from Alcatraz 1979: Narapidana Jenius dan Detail Teknis Kabur berasal dari Penjara Alcatraz

0 Comments

“Escape from Alcatraz” adalah film drama kriminal Amerika Serikat tahun 1979 yang disutradarai oleh Don Siegel.

Film ini berdasarkan kisah nyata mengenai usaha melarikan diri dari penjara Alcatraz, yang diakui sebagai penjara paling aman dan tidak bisa saja untuk melarikan diri.

Berikut adalah sinopsis singkat dari film “Escape from Alcatraz”:

Film ini mengisahkan mengenai usaha melarikan diri yang berani dari penjara federal Alcatraz terhadap th. 1962. Frank Morris (diperankan oleh Clint Eastwood) tiba di penjara ini sebagai tahanan baru dan segera mengetahui tantangan yang dihadapi di penjara ini yang terdapat di pulau terpencil di Teluk San Francisco.

Morris merasa memiliki rencana rencana melarikan diri dengan dengan dua tahanan lainnya, Clarence Anglin (Jack Thibeau) dan John Anglin (Fred Ward).

Mereka merancang rencana yang terlalu teliti dan mengandalkan kecerdasan dan keahlian teknis mereka untuk mendukung mereka melarikan diri dari penjara yang dijuluki “The Rock.”

Selama berbulan-bulan, ketiganya bekerja diam-diam di malam hari untuk menggali lubang-lubang kecil melalui dinding sel mereka manfaatkan peralatan sederhana layaknya sendok dan bor tangan.

Mereka terhitung membuat boneka-boneka dari busana mereka untuk berikan kesan bahwa mereka tetap berada di sel selagi laksanakan pelarian.

Saat malam pelarian tiba, Frank Morris dan dua rekannya meluncurkan perahu rakit yang mereka buat dari mantel hujan dan merasa mengarungi perairan dingin Teluk San Francisco menuju daratan. Film ini mengikuti perjuangan mereka untuk mengatasi tantangan alam dan menghindari pengejaran polisi yang intens.

“Escape from Alcatraz” melukiskan perjuangan yang menegangkan dan dramatis dari tiga tahanan yang berusaha untuk membiarkan diri dari penjara paling aman di Amerika Serikat.

Film ini menciptakan ketegangan yang kuat dan menghadirkan pertanyaan mengenai bisa saja melarikan diri dari keadaan yang tampaknya tidak mungkin.

Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai film “Escape from Alcatraz” (1979):

Baca juga:

Sinopsis Film THE DEPARTED (2006)

Rekomendasi Film Perampokan Berdasarkan Kisah Nyata

1. Lokasi Asli Alcatraz

Sebagian besar film ini diambil alih di lokasi asli penjara Alcatraz di Teluk San Francisco. Meskipun penjara berikut telah ditutup sebelum akan pembuatan film, tim produksi berhasil memperoleh izin untuk merekam di sana, memberi tambahan nuansa autentik terhadap pengambilan gambar.

2. Peran Utama dan Sutradara

Film ini merupakan kolaborasi kelima antara Clint Eastwood dan Don Siegel sebagai aktor dan sutradara. Mereka sebelumnya telah bekerja dengan didalam film-film layaknya “Dirty Harry” dan “Two Mules for Sister Sara.”

3. Desain Rencana Melarikan Diri

Film ini coba merekonstruksi rencana melarikan diri yang sebetulnya ditunaikan oleh tahanan Frank Morris dan dua rekannya. Perincian teknis dan keahlian yang mereka manfaatkan didalam film beberapa besar didasarkan terhadap catatan-catatan histori yang ada.

4. Tahanan Lain yang Terlibat

Selain tiga tahanan yang fokus didalam film, beberapa tahanan lain terhitung terlibat didalam perencanaan pelarian tersebut, tetapi rencana mereka tidak berhasil. Dalam film, fokus hanya terhadap Frank Morris dan dua rekannya.

5. Kritik terhadap Alcatraz

Film ini mengkritik keadaan di Alcatraz, terhitung perlakuan tidak baik terhadap tahanan dan tindakan kekerasan yang berjalan di dalamnya. Meskipun ada beberapa dramatisasi untuk kepentingan film, perihal ini menyebabkan pertanyaan mengenai etika penjara tersebut.

6. Kepala Penjara Alcatraz Muncul didalam Film

Walaupun ia tidak dijuluki dengan namanya didalam film, Penjara Alcatraz, Warden Olin G. Blackwell, dilukiskan oleh Patrick McGoohan sebagai Warden.

7. Pengakuan yang Tidak Disahkan

Meskipun terkandung beberapa tanda dan barang milik tahanan yang ditemukan di dekat perairan sesudah pelarian, nasib tentu tiga tahanan berikut tidak dulu terungkap. Mereka diakui tenggelam dan mati, tetapi tidak ada bukti yang memadai untuk tunjukkan ini.

8. Penerimaan dan Warisan

“Escape from Alcatraz” terima ulasan positif dari kritikus dan jadi tidak benar satu film yang dikenang didalam filmografi Clint Eastwood. Film ini terhitung menambah minat penduduk terhadap legenda pelarian dari Alcatraz.

9. Akhir yang Terbuka

Film ini mengakhiri ceritanya dengan akhir yang terbuka, meninggalkan penonton dengan pertanyaan mengenai apakah tiga tahanan berhasil selamat atau tidak. Ini menciptakan perdebatan dan spekulasi yang berlanjut sesudah penayangan film.

Related Posts